Jogja Guitar Society

Guyubnya Gitaris Jogja

    Beberapa waktu yang lalu saya menyempatkan diri untuk menonton pertunjukan musik, yang berorientasi pada instrumen gitar klasik yang bertempat pada Auditorium RRI Yogyakarta. Jogja Guitar Night, ya ! itu adalah nama dari konser tersebut. Konser ini diprakarsai oleh para gitaris Jogja yang memiliki kecintaan yang sama terhadap gitar klasik, umumnya mereka berasal dari ISI, UNY, SMM, dan beberapa universitas lain di sekitar Jogja, mereka menamai dirinya dengan nama Jogja Gitar Society atau yang disingkat dengan JGS.

 Gambar 1 : Auditorium RRI Yogyakarta
Dokumentasi Pribadi

                JGS sendiri merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari gitaris – gitaris Yogyakarta yang memiliki concern yang besar terhadap perkembangan musik klasik, khususnya gitar. Sebelum terbentuknya komunitas ini, di Jogja sendiri telah bermunculan berbagai komunitas – komunitas pendahulu, diantaranya HIGI (Himpunan Gitaris Indonesia), dan YGO (Yogyakarta Guitar Orchestra). Namun komunitas tersebut pada perkembangannya mengalami kelesuan dan akhirnya meredup. Masalah – masalah ini dirasa kerap kali menghantui komunitas – komunitas yang baru berdiri. Walaupun belum dapat dikatakan komunitas secara utuh karena masih berumur jagung, namun harapannya JGS dapat memberikan angin segar bagi atmosfer gitar klasik di Yogyakarta.
            Beberapa figur senior dibelakang JGS tidak dapat dipungkiri menjadi pendongkrak semangat gitaris – gitaris muda untuk bahu – membahu menyatukan visi – misi mereka memberikan kontribusi bagi kemajuan dunia pergitaran Jogja. Adalah Rahmat Raharjo seorang gitaris senior yang sampai sekarang masih aktif dalam mengikuti resital, masterclass, hingga kompetisi. Saya menganggap beliau adalah salah satu key person dalam terbentuknya komunitas ini.
            Dalam konser ini beberapa format yang ditawarkan oleh penyelenggara dirasa sangat baik, mulai dari solo hingga ansamble besar. Usia penampil juga sangat beragam, mulai dari anak – anak hingga dewasa. Awal konser diawali dengan penampilan solo dari Mochammad Ichsan dengan Fantasia on Theme of La Traviata karya Tarrega. Karya ini adalah adaptasi dari karya opera La Traviatta karya Giuseppe Verdi, yang kemudian di transkrip ke notasi gitar oleh Tarrega. 
                                                                  
                                                                        Gambar 2 : Penampilan Solo
                                                                              Dokumentasi Pribadi
               
               Kemudian penampilan berikutnya adalah Ahmad Aryo Wicaksono dengan karya Lagrima dari F. Tarrega dan The Hormonius Blacksmith dari G. F. Hendel. Yang menarik pada urutan kedua ini adalah usia penyaji yang terbilang masih dini, namun hal itu tidak menutupi Aryo untuk dapat bermain dengan baik, berbekal teknik dan musikalitas yang baik terbilang cukup membius para penonton yang hadir. Setelah dibius oleh permainan Aryo berikutnya saya disuguhkan oleh penampilan ansamble wanita yang terdiri dari beberapa universitas di Yogyakarta, adalah Queens Ensemble. Ya! Sesuai dengan namanya ansamble ini terdiri dari wanita – wanita perkasa nan anggun. Dengan membawakan Cinta Untuk Mama yang di aransir oleh Bakti Setyaji, dengan karakter aransemen yang pragmatis ensemble ini berhasil membuat audience yang hadir berubah menjadi haru biru. Selain teknik dan musik yang dirasa apik, ensemble ini juga memiliki daya tarik lain, adalah inner-beauty yang membuat mereka menjadi sorotan para audience yang hadir pada malam itu, pasalnya selama ini yang kita ketahui sebagian pemain gitar adalah pria, namun tidak pada malam itu. 

                
                                                            Gambar 3 : Penampilan Ansamble Wanita
                                                                              Dokumentasi Pribadi
                       
                Tak lama berselang, Attaca Guitar Quartet mendapatkan gilirannya untuk unjuk gigi, dengan membawakan Blue Ocean Echo yang di aransir oleh Bill Kanengiser, kuartet ini mencoba memberikan efek echo yang semula dimainkan menggunakan efek dan pengeras suara, menjadi alamiah dengan dimainkan melalui gitar – gitar mereka. 

                                                                   Gambar 4 : Penampilan Quartet
                                                                              Dokumentasi Pribadi
Penampilan terakhir sesi pertama ditutup oleh Trio Jayadwipa, mengklaim diri jarang latihan, trio ini memberikan performa yang optimal dalam konser ini. Walaupun dirasa dalam segi teknik masih terasa kurang “gigit”. Seusai penampilan tersebut, tiba saatnya turun minum. Kira – kira sekitar 10 menit panitia memberikan kesempatan audience untuk rehat sejenak dari bayangan – bayangan nada yang menghiasi rongga – rongga imajiner mereka.

                                                                       Gambar 3 : Penampilan Trio
                                                                              Dokumentasi Pribadi
            Sepuluh menit berselang tiba saatnya untuk saya menyaksikan sesi kedua pada acara Jogja Guitar Night. Penyaji pertama di buka oleh Putu Lia Veranika dengan Sonatine Op. 52, gubahan Lennox Berkeley. Walaupun dibeberapa bagian masih terasa artikulasi yang terdengar agak samar, namun sisi musikalitas Lia dirasa baik. Setelah Lia menyelesaikan Sonatinenya, tiba giliran Jelang Bagaskara untuk unjuk kebolehan, karya yang ia bawakan ialah Marieta yang dikomposisi oleh Tarrega. Sebelum ke tahap eksekusi, Jelang mencoba memberikan penjelasan tentang karya ini, dalam sambutanya ia mengungkapkan bahwa karya ini Tarrega dedikasikan untuk anaknya yang bernama Marieta. Nada – nada minor yang dituangkan oleh Tarrega ke dalam notasi musik, berhasil di presentasikan ulang oleh Jelang. Terdengar beberapa teknik yang digunakan diantaranya staccato, slur, dan, harmoni. Setelah mengharu biru dengan Marieta saatnya pasukan kuartet North South yang mencoba menangkap atensi dari penonton. Karya yang mereka mainkan ialah Minuet in G dari JS Bach, kurang terdengar jelas bagi saya siapa yang mengarasir saat mereka menjelaskan diawal. Namun teknik aransemen yang digunakan cukup menarik bagi saya, salah satu yang masih saya ingat adalah teknik canon. Setelah memparipurnakan karya yang mereka mainkan, giliran Jogja Guitar Society Ensemble yang naik pentas. Dalam soft launching nya JGSE membawakan 3 buah karya, baik karya komposisi maupun karya aransemen. Karya – karya tersebut adalah Lotus Eaters karya Andrew York, Cello Quartet no 1 karya Bakti Setyaji, dan Rek Ayo Rek yang diaransir oleh saya sendiri, Johanes Kristianto. 

                                                          
                                                  Gambar 5 : Penampilan Jogja Guitar Society Ensemble

                                                                              Dokumentasi Pribadi

                 Dengan semangat komunitas yang tinggi JGSE pada malam itu berhasil memproklamirkan dirinya sebagai komunitas gitar yang merangkul para gitaris di Jogja untuk menyatukan visi misi mereka membangun semangat kegitarklasikan, hal itu salah satunya tersurat dalam membawakan repertoar. Mereka terlihat bahagia dan guyub dalam memainkan lagu demi lagu, saya juga menduga penampilan terakhir JGSE memberikan senyum –senyum kecil dalam diri para panitia yang telah mempersiapkan semuanya dengan suah payah dari awal acara, hingga pada puncaknya malam itu. Ansamble ini memberikan suntikan semangat dalam diri panitia dan orang – orang yang terlibat mendukung acara Jogja Guitar Night. Dalam ansamble tersebut terdiri dari gitaris dari beberapa institusi pendidikan di Yogyakarta, diantaranya adalah ISI, UNY, Pasca UNY, UGM, dan Atma Jaya. Sedikit bercerita, pada tahun 2009 dan atau 2010 bertempat di Wisma 76, Slipi, Jakarta Pusat. Saya pernah menonton langsung ansamble dari Jojga, yang terdiri dari mahasiswa musik dari beberapa kampus di Jojga. Namun saat itu partisipan dari kampus lain selain UNY dan ISI tidak nampak dalam barisan ansamble saat itu. Berbeda dengan sekarang, kini berkat figur, komunitas, dan ruang yang baru. Ke depannya komunitas ini dapat memberikan ruang bagi para seniman – seniman untuk berkarya, khususnya dalam musik klasik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua Bisa Jadi Arranger !!!

Happening Art